Teknologi

Resmi! Ini Spesifikasi & Harga Xiaomi Redmi Note 4
 KAM

Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan Xiaomi Redmi Note 4 hari ini, dengan harga yang murah namun spesifikasi menggiurkan.

Kolom Gadget – Xiaomi hari ini, Kamis (25/8/2016) resmi mengumumkan smartphone yang selama ini sudah sangat sering kita dengar melalui rumor, Xiaomi Redmi Note 4. Ponsel ini oleh Xiaomi disebut sebagai “flagship ribuan yuan” oleh perusahaan, dalam pengumumannya di China hari ini.

Desain Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi mendesain Redmi Note 4 dengan desain yang tak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel Redmi lainnya, terutama yang diluncurkan baru-baru ini. Lihat saja bahannya yang menggunakan material logam, beserta pemindai sidik jari di sisi belakangnya yang mendukung sistem pembayaran Ali Pay dan Mi Pay, yang tentu saja hanya berlaku di China.
Secara keseluruhan, bodi ponsel ini berdimensi 151 x 76 x 8.35mm dengan bobot 175 gram. Buat konsumen yang berminat dengan Redmi Note 4, bisa memilih satu dari tiga pilihan warna yang disediakan yaitu silver, abu-abu dan emas.

Dapur Pacu dan Penyimpanan
Helio X20 dibenamkan ke dalam ponsel ini sebagai otaknya. Didalam chipset tersebut, terkandung prosesor tri-cluster deca-core 2.1GHz. Untuk ukuran ponsel terjangkau dapur pacunya terlihat sangat menjanjikan. Apalagi dengan memori RAM 3GB untuk mendukung multi-tasking dan penyimpanan 32GB.
BTW, jika tak memiliki uang banyak anda juga bisa memilih varian RAM 2GB dan ROM 16GB yang lebih murah. Memorinya pun bisa diperluas berkat slot microSD.

Layar
Beralih ke layar, Xiaomi membekali Redmi Note 4 dengan panel display LCD berteknologi IPS seluas 5,5 inci, dengan resolusi 1080p. Layarnya ini memiliki kecerahan hingga 450 nit.

Kamera Redmi Note 4
Sektor kamera, Redmi Note 4 mengandalkan kamera utama 13MP menghadap ke belakang yang menggunakan lensa 5P. Fitur-fiturnya antara lain Phase Detection Autofocus (PDAF) dan HDR, juga memiliki aperture f/2.0. Selain mengambil gambar, kamera utamanya juga mampu merekam video 1080p di 30fps, atau 720p di 120fps untuk merekam video slow motion.
Sementara itu kamera depannya beresolusi 5MP dengan aperture f/2.0 yang memiliki fitur pengenalan wajah dan Beautify 2.0.
Konektivitas dan Baterai


Xiaomi Redmi Note 4 menyediakan dual slot SIM dual-standby dan sudah mendukung 4G LTE, meskipun hanya slot SIM hybrid. Jadi salah satu slot SIM berfungsi ganda sebagai slot microSD. Jika ingin menggunakan microSD, maka anda harus rela tidak menggunakan slot SIM kedua. Jika ingin menggunakan slot SIM kedua, maka anda harus rela tidak menggunakan microSD.
Bicara soal microSD. Slot SIM ini mampu menampung microSD hingga 128GB. Untuk baterai, kapasitasnya 4.100mAh. Kapasitas baterainya besar, namun bisa di charger dengan cepat berkat pengisian cepat 5V 2A.
Perangkat Lunak
Kita tentu sudah mendengar bahwa kemarin Xiaomi meluncurkan MIUI 8, perangkat lunak baru dengan segudang fitur baru dan dibuat berdasarkan Android. Sistem operasi ini disuntikkan ke Xiaomi Redmi Note 4.

Varian dan Harga
Seperti sudah disebutkan diatas, bahwa Xiaomi Redmi Note 4 terdiri dari dua varian yang bisa anda pilih. Berikut masing-masing varian beserta harganya.
Xiaomi Redmi Note 4 RAM/ROM 2GB/16GB: 899 Yuan (sekitar Rp 1,8 juta)
Xiaomi Redmi Note 4 RAM/ROM 3GB/32GB: 1199 Yuan (sekitar Rp 2,4 juta)
Kapan Xiaomi Redmi Note 4 Rilis di Indonesia
Setidaknya belum dalam waktu dekat. Ponsel ini mungkin akan dijual di Indonesia, namun bukan resmi oleh Xiaomi, melainkan oleh distributor. Untuk garansi resminya, mungkin butuh waktu lama dari yang bisa anda bayangkan, atau tidak dijual sama sekali di Indonesia. Jadi jangan terlalu berharap dengan garansi resminya.

Komentar